3 Desember 2013

Tata Tulis dan Komunikasi Ilmiah : Peranan dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Ragam Tulis Akademik

Menurut Sumiati Budiman (1987 : 1), fungsi bahasa dapat dibedakan berdasarkan tujuan, yaitu :
1. Fungsi Praktis,
yaitu bahasa digunakan sebagai komunikasi dan interaksi antar anggota masyarakat dalam pergaulan hidup sehari- hari
2. Fungsi Kultural,
yaitu bahasa digunakan sebagai alat menyimpan, menyebarkan dan mengembangkan kebudayaan.
3. Fungsi Artistik,
yaitu bahasa digunakan untuk menyampaikan rasa estetis (keindahan) manusia melalui seni sastra.
4. Fungsi Edukatif,
yaitu bahasa digunakan untuk menyampaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5. Fungsi Politis,
yaitu bahasa digunakan sebagai alat untuk memusatkan bangsa dan menyelenggarakan administrasi pemerintahan.

Sedangkan, peranan bahasa Indonesia, yaitu
1. Bahasa sebagai alat komunikasi
Melalui bahasa, manusia dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, terutama sesama manusia sebagai makhluk sosial. Bahasa sebagai alat komunikasi berpotensi untuk dijadikan sarana untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan. Dengan penggunaan bahasa yang baik dan tepat, lawan komunikasi akan memberikan respons yang baik, sehingga informasi yang akan diberikan dapat tersampaikan.
2. Bahasa sebagai sarana mengekspresikan diri
Hampir sama dengan alat komunikasi, bahasa juga berperan sebagai sarana mengekspresikan diri, yaitu segala yang ada di dalam diri seseorang. Bahasa dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, dan identitas.
3. Bahasa sebagai sarana berpikir
Tanpa kita sadari, bahasa juga mempengaruhi kerangka berpikir kita. Seseorang yang memiliki tata bahasa yang baik, biasanya memilki kerangka berpikir yang lebih maju dibandingkan dengan orang yang tata bahasanya kurang baik. Hal ini disebabkan dalam proses berpikir pun diperlukan bahasa untuk mengungkapkan hal yang dipikirkan.

Dalam ragam tulis akademik, bahasa memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahasa berperan sebagai alat komunikasi, sarana mengekspresikan diri dan sarana berpikir. Peranan tersebut merupakan peranan bahasa, baik secara umum maupun dalam ragam tulis akademik. Misalnya, seorang mahasiswa membuat sebuah tulisan berupa makalah. Ia tentunya memerlukan tata bahasa yang baik, baik untuk kerangka berpikirnya sendiri maupun untuk mengungkapkan gagasan dan ide yang akan ia paparkan (sarana ekspresi diri). Bahasa yang baik dan benar juga akan membuat gagasannya dapat ditangkap dan dimengerti oleh orang lain (sarana komunikasi). Sedangkan fungsi yang terdapat di dalamnya adalah fungsi praktis, yaitu sebagai alat komunikasi, dan fungsi edukatif, yaitu sebagai sarana pendidik untuk mendidik orang lain.

Sumber : 1 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar