13 November 2014

Pemuda Indonesia dan Identitas Nasional

Menurut KBBI, pemuda adalah orang muda laki-laki; remaja; teruna. Istilah pemuda sendiri lebih sering dikaitkan dengan Pemuda Pancasila atau Sumpah Pemuda. Mengapa? Ternyata hal ini dikarenakan pemuda yang memiliki andil sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari peristiwa Rengasdengklok, dimana para pemuda mendesak tokoh proklamator kita untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Selain itu, pemuda juga berperan besar dalam menegakkan nama Indonesia sebagai identitas nasional bangsa di dunia internasional. Hal ini dibuktikan dengan terbentuknya perkumpulan pelajar-pelajar Indonesia di luar negeri dengan menggunakan nama Indonesia. Pembentukan Indonesia sebagai identitas nasional pun semakin diperjelas oleh pemuda melalui Sumpah Pemuda yang dihasilkan dalam Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928. Melalui penjelasan di atas, jelaslah bahwa pemuda sangat erat kaitannya dengan identitas nasional pada masa perjuangan dahulu.
Pemuda dianggap memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan golongan usia lainnya karena memiliki beberapa potensi, antara lain idealisme dan daya kritis, dinamika dan kreativitas, optimis dan semangat, terdidik dan memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme. Hal ini terbukti benar pada masa perjuangan kemerdekaan, dimana golongan tua biasanya lebih berpikir panjang dan dalam untuk memutuskan sesuatu, sementara golongan muda lebih bersemangat dalam melakukan tindakan.Lalu, bagaimana dengan pemuda masa sekarang?
Pemuda Indonesia masa kini pun juga banyak yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sebut saja Supriyatna yang memperoleh tiga medali emas pada ASEAN Para Games VII yang digelar di Myanmar, Januari 2014 lalu. Lalu, ada pula Rio Haryanto, Tania Gunadi, Triyatno, Eko Yuli dan masih banyak lagi. Semua itu merupakan bukti bahwa pemuda masa kini juga dapat berperan untuk memperjuangkan identitas bangsa di kancah internasional. Jadi, bagaimana dengan kita? Akankah kita menjadi bagian dari pemuda yang memperjuangkan identitas nasional bangsa?

Referensi :
Pujiastuti, Sri, dkk. 2007. IPS Terpadu 2A untuk SMP dan MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: ESIS
Kurnia, Anwar, dkk. 2007. Sejarah 2 SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira
Tribunnews.com, Sindonews.com, dan sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar